Apa Itu Window Shopper?
Dan Bagaimana Cara Menghadapinya?
Hello Sahabat Blogger, Semoga selalu diberikan kesehatan ya.
Dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang Window Shopper. Sebelum
membahas tentang Window Shopper ada baiknya kita membaaca doa terlebih dahulu
agar apa yang kita niatkan dapat tercapai tanpa kendala apapun. Aamiin. Okehh,
tanpa panjang lebar mari kita bahas. Lets Go..
Oke baiklah, saya tertarik untuk membelinya, tapi
nunggu saya pas sudah gajian ya gan/sis
Apa itu Window
Shopper? Adalah salah satu tipe konsumen yang hanya suka melihat-lihat saja.
Biasanya tidak ada niat untuk membeli produk yang ada di toko online tersebut.
Mungkin tak jarang kita menjumpai tipe pembeli seperti ini. Sudah tanya panjang
lebar ujung-ujungnya tetap saja Hit and Run.
Saking
kesalnya beberapa seller pun pernah membuat aturan deskripsi dengan nada
mengancam pembeli seperti.
No! Retur, No! Tanya-tanya, Cancel BYE, No
more Bussines with you
Sebagai pelapak,
tentu masing-masing mempunyai trik tersendiri untuk menarik minat konsumen yang
bertipe Window Shopper ini. Namun sebagai pemula mungkin tips trik di bawah ini
bisa membantu Anda untuk mengurangi jumlah hit and run dari para calon
customers.
1. Unik
Pastikan lapak atau
tempat jualan kita unik dari yang lainnya, bikin berbeda tapi tetap tidak menjebak customers. Misalnya untuk menarik
minat pembeli yang hanya sekedar lihat-lihat saja biasanya tertarik dengan
harga yang murah atau sedang ada diskon. Terkadang ada seller yang membuat
banner besar dengan promo diskon sekian persen tapi ternyata harganya di mark
up terlebih dahulu. Tapi ini sudah jadi rahasia umum sih, namun sebagai buyer
yang mempunyai tipe window shopper, mereka tentunya akan membandingkan harga
dari lapak satu dengan lapak yang lainnya terlebih dahulu. Jika kebetulan
pembeli menemukan lapak yang menjual produk sama tapi harganya lebih murah tanpa
diskon, tentunya akan jadi pertimbangan si pembeli untuk hit and run dari
penjual yang memberikan diskon tapi harganya sama saja dengan lapak yang tanpa
memberikan diskon atau malah justru lebih mahal.
2. Ramah dan fast respon
Mungkin ini sudah
cukup umum dan lumrah bagi setiap penjual. Salah satu kemungkinan terbesar
untuk menarik pembeli yang hanya tengok-tengok saja adalah dengan menanggapinya
secara cepat tanpa harus membuat pembeli terlalu lama menunggu jawaban dari
penjual. Produk kita bagus, tapi kita slow respon, siap-siap pembeli akan
kabur. Ya, memang kalau rejeki tak akan tertukar, tapi dengan kita menanggapi
pembeli secara fast respon itu juga bagian dari ikhtiar.
3. Edukasi pembeli
Kebanyakan pembeli
online sebenarnya mereka itu butuh diedukasi. Ketika pembeli banyak tanya tapi
menurut mereka belum sreg karena belum menemukan jawaban yang
sesuai, maka mereka akan meninggalkan penjual. Edukasi ini bisa banyak
macamnya, entah penjelasan tentang produk yang dijual atau tentang sistem
pembelian online. Ambil contoh saja di toko online seperti Tokopedia/Bukalapak,
sebenarnya masih banyak pembeli yang belum cukup mengerti bagaimana transaksi
di Tokopedia/Bukalapak. Sehingga terkadang mereka butuh penjelasan secara
langsung dari penjualnya.
Ketiga tips di atas
hanya menurut pengalaman saya yang juga termasuk salah satu customer yang suka
ngeliat-liat saja . hihihi.
Ternyata dari
hanya sekedar tanya-tanya dari satu lapak ke lapak yang lain saya justru
menemukan berbagai macam tipe penjual yang beraneka ragam. Ada yang bertipe
bodo amat, ada yang bertipe sok ramah, ada yang bertipe sok tahu, ada yang
menguasai produk, ramah, dan terus mem-follow up saya kembali untuk segera
membeli produknya dengan dikasih penawaran harga khusus.
Tapi berbagai macam
usaha si penjual tentunya ini bagian dari feeling good-nya pembeli juga sih,
kalau lagi bad mood dan dompet lagi kosong ya gak bakalan jadi beli juga. hihihi..
Sekian yang dapat saya informasikan dalam
artikel kali ini mengenai Window Shopper. Semoga bermanfaat bagi yang
membacanya khususnya bagi yang melakukan penjualan barang di media sosial atau
di toko online.
Untuk yang tidak sempat berbelanja di mall atau yang mau Dropshipper,
saya Menerima Jasa Personal Shopper atau
Jasa Titip Beli. Silahkan hubungi saya.
Whatsapp/Line: 083870266767
Bbm: 5AB6141A
Instagram: @tokonyaoriginal
Cara pemesanan lebih lengkap di website saya: http://tokonyaoriginal.blogspot.com
Terimakasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.
0 comments:
Post a Comment