Tips Kreatif Berjualan
dengan Memanfaatkan Instagram
Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang memanfaatkan Instagram untuk memaksimalkan penjualan barang jualan kita. Okeh, tanpa panjang lebar lagi mari kita bahas. Lets Go..
Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Instagram, yaitu sebagai media untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Tujuan tersebut sangat dimungkinkan oleh teknologi internet yang menjadi basis aktivitas dari media sosial ini.
Berikut merupakan sejumlah cara sederhana namun kreatif yang bisa Anda
lakukan untuk menggenjot kemajuan bisnis melalui Instagram.
1.
Tunjukkan
produk Anda Setiap orang menyukai melihat-lihat produk jadi buatlah pengikut
Instagram Anda bisa dengan leluasa melihat-lihat produk yang Anda jual di
Instagram. Pamerkan dalam sebuah koleksi foto berisi foto produk dan bagikan
dengan tagar (hashtag) khusus dan libatkan para pengikut Anda dengan menanyakan
pada mereka apakah mereka tertarik dengan produk tersebut.
2. Tunjukkan cara pembuatan produk Buatlah para
pengikut mengetahui seluk beluk pembuatan produk yang Anda tawarkan. Unggah
foto-foto yang menunjukkan proses produksi, pengemasan, pengiriman dan
sebagainya dari sudut pandang yang artistik dan menarik atau jenaka. Anda bisa
gunakan aplikasi edit foto atau pembuat kolase (kumpulan foto yang dijadikan
satu bingkai) untuk mendemonstrasikan cara pembuatan dan sebagainya.
3. Tunjukkan apa yang di balik layar Sebelum
meluncurkan produk atau layanan baru, cobalah berikan sedikit ?sneek peek?
untuk para pengikut Instagram Anda. Unggahlah foto-foto yang menunjukkan hiruk
pikuk perusahaan Anda yang hanya bisa disaksikan oleh orang dalam tetapi
memberi kesan menarik dan spontan.
4. Tunjukkan apa yang bisa dilakukan produk Anda
Kadang imajinasi bisa digunakan untuk memancing ketertarikan calon konsumen
terhadap produk Anda. Gunakan Instagram untuk menciptakan permintaan dengan
membantu konsumen membayangkan manfaat baru dan kemudahan yang sebelumnya belum
pernah mereka nikmati yang Anda tawarkan untuk mereka. Ini juga peluang emas
untuk mengundang konten dari inisiatif konsumen sendiri. Mintalah konsumen
mengunggah foto-foto mereka yang sedang menggunakan produk atau layanan Anda
dan pilihlah foto terbaik untuk diunggah kembali atau diberikan apresiasi. Jika
perusahaan Anda memberikan layanan seperti desain rambut atau makeup, atau
penataan lansekap taman, dan sebagainya, tunjukkan foto subjek menarik tersebut
kepada pengikut Instagram dalam dua bagian: sebelum dan sesudah menggunakan
produk atau layanan Anda. Perbandingan ini akan menambah keterpukauan konsumen
terhadap produk/ layanan. Dan akhirnya akan ada makin banyak pengikut Instagram
tertarik menjadi konsumen setia Anda. Peritel kosmetik seperti Sephora
menggunakan Instagram untuk menyuguhkan produk mereka yang tidak lazim yang
sebagian besar konsumen umum tidak miliki. Mereka tak segan memberikan ide yang
lebih baik untuk konsumen mengenai cara tampil lebih memukau.
5. Tunjukkan tempat kerja Orang yang mengikuti
brand favoritnya di jejaring sosial mungkin bertanya bagaimana rasanya bekerja
di perusahaan yang ia kagumi. Jangan sia-siakan harapan itu. Unggahlah beberapa
foto tentang bagaimana keadaan kantor perusahaan Anda. Pastikan semangat
positif, sisi manusiawi dan etos kerja perusahaan tercermin dalam foto-foto
tersebut.
6. Umumkan kegiatan perusahaan di lapangan
Perusahaan Anda mengikuti sebuah event pameran atau menjadi sponsor dalam
kegiatan/ program tertentu? Jangan ragu untuk mengunggah detil kegiatannya ke
Instagram. Dengan memberitahukan bahwa perusahaan Anda sedang berada di
lapangan, Anda menarik para pengikut untuk berinteraksi lebih intens dengan
brand bisnis Anda.
7. Perkenalkan karyawan Anda Brand di jejaring
sosial tak perlu terlalu kaku. Ada saatnya Anda perlu memolesnya agar terkesan
lebih hangat dan komunikatif. Perkenalkan karyawan Anda kepada fans di
Instagram sehingga akan tercipta kedekatan yang lebih baik
8. Bagikan opini selebritas tentang brand bisnis
Anda Tak ada yang tidak antusias saat seorang selebritas memberikan pernyataan
tentang sesuatu. Anda bisa mengunggah foto yang menunjukkan momen saat
selebritas menggunakan, atau berinteraksi dengan brand Anda seperti mengunjungi
kantor Anda, berbicara dengan perwakilan brand, dan sebagainya.
9. Bagikan momen lucu Jika Anda menyaksikan
sebuah peristiwa atau hal lucu atau mengundang gelak tawa atau senyum tentang
brand Anda, cobalah untuk mengunggahnya ke Instagram.
Itulah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan
penjualan dengan media social Instagram. Sekian yang dapat saya informasikan
dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya khususnya bagi
yang melakukan penjualan barang di media social atau di toko online. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan
tuliskan dalam kolam komentar.
Untuk yang tidak sempat berbelanja di mall atau yang mau Dropshipper,
saya Menerima Jasa Personal Shopper atau
Jasa Titip Beli. Silahkan hubungi saya.
Whatsapp/Line: 083870266767
Bbm: 5AB6141A
Instagram: @tokonyaoriginal
Cara pemesanan lebih lengkap di website saya: http://tokonyaoriginal.blogspot.com
Terimakasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.
0 comments:
Post a Comment