Strategi Pemasaran di Era Digital
Hello
Sahabat Blogger, Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana
strategi pemasaran di era digital. Okeh, tanpa panjang lebar langsung saja kita
membahasnya. Lets Go..
Saat ini kita berada di dunia
digital. Tanpa kita sadari, pergeseran menuju dunia digital telah mempengaruhi
segala aspek kehidupan kita. Mulai dari membaca berita, mencari lokasi di
peta, bahkan menonton televisi pun via gadget. Kita pun akhirnya tidak bisa
lepas dari gadget. Kemana saja kita pergi, gadget selalu dibawa kemana-mana.
Dengan munculnya teknologi yang
begitu pesat ini, memaksa kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan yang
ada. Jika kita tidak mengikuti perkembangan, tentu akan tertinggal jauh di
belakang. Sebagai contoh, 12 tahun lalu kita masih bisa merasakan telepon umum,
namun lambat laun menghilang seiring dengan hadirnya ponsel/handphone.
Telpon umum semakin sulit dijumpai dan fasilitas ini tidak lagi memadai, pada
akhirnya memaksa kita untuk membeli HP untuk dibawa kemana-mana.
Tanpa
menjelaskan lebih jauh tentang era digital mari kita bahas bagimana strategi
pemasaran di era digital. Sebenarnya banyak sekali caranya. Disini akan saya
ringkas menjadi beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan pemasaran
di era digital. Diantaranya adalah:
Baca Juga Artikel:
1. Manfaatkan Content Marketing Seperti kita
ketahui bersama, konten artikel, video, maupun aplikasi yang ditambahkan di
toko online menjadi salah satu alat pemasaran yang bisa digunakan untuk
mendongkrak kunjungan pelanggan. Bahkan, tambahan konten memudahkan sebuah
situs online untuk bisa ke-index oleh mesin pencarian seperti Google. Sehingga
tidak heran bila sekarang ini banyak pelaku bisnis toko online yang sengaja
menambahkan konten di situs onlinenya untuk meningkatkan traffic kunjungan
konsumen setiap harinya.
2. Mencoba Integrated digital marketing Untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan, tak ada salahnya bila Anda mencoba
menggabungkan sosial media dan konten. Contohnya saja seperti yang dilakukan
Google dengan mencoba menciptakan Google Plus sebagai salah satu situs social
media bagi para konsumennya. Dengan strategi ini, Google mencoba memberikan
pelayanan prima bagi konsumennya agar mereka lebih loyal dengan situs pencarian
tersebut.
3. Menyusun strategi pemasaran yang
berkelanjutan Selain dituntut untuk bisa lebih kreatif, yang terpenting dalam
memasarkan bisnis online adalah menjaga konsistensi pelaku usaha untuk
mempromosikan lapak onlinenya. Untuk itu, usahakan untuk melakukan aktivitas
promosi secara rutin agar profesionalisme bisnis Anda bisa terlihat oleh calon
konsumen.
4. Beralihlah ke Mobile Marketing pemasaran
onlineMeningkatnya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya,
mendorong para pelaku bisnis toko online untuk mulai menyesuaikan strategi
pemasaran yang mereka jalankan. Tak hanya menjangkau konsumen pengguna komputer
PC, sekarang ini mereka mulai mengubah tampilan websitenya menjadi mobile
friendly sehingga lebih banyak konsumen yang mengunjungi toko onlinenya.
Strategi mobile marketing ini perlu Anda perhatikan dengan baik, karena menurut
beberapa penelitian, sekarang ini 30-40% transaksi jual beli online datang dari
pengguna smartphone.
5.
Lakukan
pendekatan kepada calon konsumen Di era digital seperti sekarang ini, tidak ada
salahnya bila Anda melakukan berbagai macam pendekatan untuk menarik calon
konsumen. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan media televisi, menjadi sponsor
acara-acara penting, atau bisa juga memanfaatkan email marketing, dan website
direktori online agar bisnis Anda diketahui banyak orang. Contohnya saja
seperti tokobagus.com dan berniaga.com yang sekarang ini mulai melakukan
pendekatan dengan memasang iklan di media televisi.
6. Perkuat dengan visual marketing Dari sekian
banyak strategi pemasaran online, media visual merupakan salah satu sarana yang
cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen. Untuk menjalankan strategi
pemasaran visual, sekarang ini Anda bisa memanfaatkan Youtube, Vine, Instagram,
Pinterest, ataupun Slideshare.
Itulah
beberapa cara atau srtategi pemasaran di era digital, sekian pembahasan kita
kali ini tentang strategi pemasaran di era digital. Semoga artikel kali ini
dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang sedang
berjualan online di dunia maya. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan
tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan
dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia bukan robot ketik. Hihihi..
Terimakasih.
0 comments:
Post a Comment