Istilah-istilah online
yang harus diketahui oleh pebisnis online
Hello Sahabat Blogger, Dalam artikel kali ini saya akan
membhasa beberapa istilah yang harus diketahui oleh pembisnis online. Seperti yang
kita ketahui, bahwa istilah itu sangat penting diketahui apalagi bagi para
pemula yang ingin meningkatkan omsetnya atau mencoba peruntungannya di dunia
online tidak hanya di dunia offline.
Okeh,
tanpa panjang lebar lagi mari kita langsung bahas saja apa saja istilah yang
harus kita ketahui dalam bisnis di dunia online. Diantaranya
Baca Juga Artikel:
1. Bookmark >>> Lokasi
penempatan sebuah URL/web page untuk disimpankan di browser, sehingga
memudahkan saat mengunjunginya lagi.
Setiap
browser mendukung bookmarking. Dengan cara mengklik tanda bintang di ujung url
address bar. Bisa juga menggunakan shortcut CTRL+D.
2. Landing page >>> Adalah
halaman web tujuan ketika sebuah link di klik. Konteks jualan, landing page
berisi penjelasan lanjut tentang produk. Anda beriklan di twitter, mencantumkan
telpon dan pin bb, tapi tanpa visualisasi landing page? kurang lengkap. Landing
page dapat memperbesar ketertarikan target. gunakan gambar, audio, bahkan video
untuk menarik minat. Membuat landing page bisa menggunakan blog. Coba pakai
blogspot atau wordpress. Lebih baik lagi klo sudah punya Online Shop sendiri.
Dapat juga menggunakan mall online, seperti multiply, tokobagus, berniaga,
yukbisnis, fjb kaskus dll.
5. banking >>> Atau disebut juga electronic
banking yaitu layanan bank untuk memudahkan transaksi bank menggunakan
media internet. Pastikan rekening bank yang anda pakai memiliki fasilitas
ebanking, karena akan lebih memudahkan proses transaksi.
5. COD (Cash On Delivery) >>> Layanan antar langsung
produk ke tangan customer. Cocok dibayar, gak cocok batal. Masih ada
sekelompok target customer yg masih rentan kepercayaan dgn penjual online.
Karenanya,
jika anda memberikan fasilitas layanan COD, anda telah membuka peluang untuk
meraih market kelompok ini.
6. Rekber (Rekening Bersama)
>>> Rekening Bersama. Pihak ketiga yang menjadi mediator pembayaran
antara customer dan penjual. Customer transfer sejumlah uang ke pihak Rekber.
Penjual kirim barang ke Customer. Jika sudah sesuai, Rekber mentransfer uang ke
penjual. Jika tidak sesuai, pembeli mengirim kembali produknya. Jika penjual
menerima produknya dlm keadaan utuh, maka uang dikembalikan ke pembeli. Rekber
mendapatkan komisi sesuai dgn kesepakatan. Semakin tinggi nilai transaksi,
komisi semakin besar. Siapa yg membayar komisi?, bisa customer bisa penjual,
tergantung kesepakatan. Penjual yg menerima metode pembayaran via Rekber, akan
mendapat TRUST lebih dari target customer.
7. Testimonial >>> Feedback dari customer yg
pernah membeli/mencoba produk anda.
Semakin
banyak testimonial, akan semakin menaikkan nilai TRUST anda sebagai penjual.
Seringkali customer lupa untuk memberikan testimoninya . Bisa jadi karena
penjual juga tidak mengingatkan. Padahal testimoni bisa hanya berupa, sampainya
produk tepat waktu, kondisi packing yg utuh, kualitas produk yg memang baik dan
sesuai.
Itulah beberapa
istilah-istilah penting dalam dunia online yang harus kita ketahui, sekian pembahasan kita kali ini
tentang istilah-istilah dalam dunia online. Semoga artikel kali ini dapat
memberikan manfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang sedang melakukan
bisnis online. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam
komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata
atau kalimat karena saya juga manusia bukan robot ketik. Hihihi..
Baca Juga Konten Islami:
Follow=Follback Terimakasih.
0 comments:
Post a Comment