Thursday, August 18, 2016

Akun Profil Di Tokopedia Mengatur Profil Alamat Akun Bank Kata Sandi

Cara Mengatur Akun Profil Di Tokopedia.com

Hello Sahabat Blogger, untuk melengkapi artikel sebelumnya pada artikel kali ini saya akan membahas tetang cara mengatur akun profil di Tokopedia.com. Tanpa panjang lebar langsung saja kita masuk keinti pembahasannya. Jangan lupa baca Bismillah ya kawan agar semua yang kita niatkan bisa terwujud dan tidak ada kendala apapun. Aamiin J

Untuk dapat memulai mengatur profil akun, silahkan kalian masuk terlebih dahulu keaplikasinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah kita klik menu lalu pengaturan kemudian atur profil. Nah, disana ada banyak menu lagi, diantaranya: Profil Diri, Alamat, Akun Bank, Kelola Notifikasi, dan Kata Sandi.

Gambar:


Kita mulai bahas satu persatu, klik Profil Diri, untuk merubah gambar profil kita bisa klik gambar foto kemudia kita pilih mau foto langsung dari kamera atau mengambil gambar yang sudah ada digalery. Untuk nama profil tidak bisa diubah, karena sifatnya permanen. Kalau mau ubah tanngal lahir silahkan klik tanggal lahir pilih tanggal/bulan/tahun. Kemudian Gender/Jenis Kelamin, Pilih salah satu yang sesuai sama diri kalian. Lalu masukan Hobi kalian, kalau tidak diisi juga tidak apa-apa. Selanjutkan kita masuk ke Ubah Kontak, masukan id messenger kalian kalau kalian sudah mempunyainya. Tetapi kalau tidak punya abaikan saja. Kalau mau mengganti email silahkan kalian klik Ganti Email. Dan kalau mau mengganti Nomor telepon silahkan kalian klik Ubah Nomor. Kalau semua sudah selesai diubah masukan kata sandi/password lalu klik simpan, maka profil andapun berhasil diubah.

Kalau sudah berhasil diubah selanjutnya kita masuk ke menu pengaturan alamat. Kalau kalian mau mengubah atau menambah alamat silahkan kalian klik menu pengaturan alamat lalu klik tanda plus (+) kemudian kita isi datanya. Klik di Simpan Alamat sebagai silahkan kalian isi itu alamat rumah/kantor/toko offline. Kemudian isi nama penerima dan masukan alamat yang mau kita gunakan baik alamat rumah ataupun alamat toko offline. Selanjutnya Pilih Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan kita dan jangan lupa masukan kode pos dan nomor telepon penerima. Selanjutnya Lokasi Pickup (Opsional) ingat ini ini gunanya untuk mempermudah Tokopedia.com menghitung ongkos kirim yang akan dibayarkan oleh calon pembeli/buyer kealamat mereka. Silahkan pilih lokasinya sesuai alamat yang kita masukan diatas. Kalau semua sudah dirasa sudah benar lalu klik simpan atau klik tanda ceklis. Dan proses mengatur alamatpun sudah selesai. Berhubung saya tidak memiliki Toko Offline, maka saya tidak mengisi alamatnya, saya hanya mengisi Lokasi Pickup (Opsional), tapi apabila kalian mempunya toko offline atau mau lebih dipercaya, silahkan kalian isi selengkap-lengkapnya.

Contoh Gambar:


Kamudian kita masuk kemenu Akun bank, silahkan klik Atur Bank lalu klik tanda plus (+) pada menu pengaturan bank. Kemudian kita isi Nama Akun, Nomor Rekening (yang kita gunakan), Nama Bank (Pilih Nama Bank yang kita gunakan), Cabang Bank (kalau tidak diisi juga tidak masalah) Masukan kode OTP (kode OTP ini sifatnya sangat rahasia karena apabila kita ingin melalukan pencairan dana atau menambah akun bank, kita diminta untuk memasukan kode OTP yang kita miliki) cara untuk mendapatkan kode OTP kalian klik Kirim OTP ke HP tunggu beberapa saat, pihak Tokopedia.com akan mengirimkannya melalui sms ke Hp kalian. Lalu masukan kode OTP yang dikirimkan tadi dan masukan kata sandi lalu klik simpan atau tanda ceklis. Dan proses pengaturan bank kitapun sudah selesai.

Selanjutnya kita masuk kemenu Kelola Notifikasi.  Klik menu Kelola Notifikasi maka akan muncul beberapa item. Pertama ada Newsletter (gunanya memberitahukan kepada kita apabila ada promosi, tips dan trik update informasi tentang Tokopedia), Kemudian ada Ulasan (gunanya memberitahukan kepada kita kalau ada setiap ulasan dan komentar ditoko kita), kemudian Diskusi Produk (gunanya memberitahukan kepada kita apabila ada Diskusi Produk yang kita jual dan Komentar), kemudian Pesan (gunanya memberitahukan kepada kita apabila ada pesan pribadi dari pembeli/buyer), kemudian Pesan Pribadi dari Admin (gunanya memberitahukan kepada kita setiap pesan pribadi yang kita terima dari admin). Silahkan kalian ceklis yang kalian mau apabila sudah lalu kita klik simpan. Maka proses pengaturan notifikasipun sudah selesai.

Selanjutnya kita masuk kemenu Kata Sandi. Apabila kalian mau mengubah kata sandi/password, silahkan kalian klik Kata sandi lalu masukan Kata Sandi Lama, lalu masukan Kata Sandi Baru, kemudian Konfirmasi Kata Sandi Baru. Apabila sudah lalu kita klik simpan. Maka proses mengganti kata sandi/password sudah selesai.

Nah, proses mengatur profil di Tokopedia.com sudah selesai kita bahas dengan cukup jelas, padat dan cukup berisi. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat kepada yang membacanya khusunya untuk yang mau mengatur profil di Tokopedia.com. Sekian yang dapat saya uraikan dalam artikel pembahasan kita kali ini. Apabila ada kesalahan penulisan suatu kata/kalimat mohon dimaafkan, karena saya juga manusia dan buka robot pengetik. Hihihi.. kalau mau mampir juga boleh ditoko saya: http://www.tokopedia.com/tokonyaoriginal silahkan mampir.. hihihi..

Terimakasih dan selamat mencoba. Wassalamualaikum Wr.Wb

4 comments:

  1. saya dropsiper pemula, dan ini yang sedang saya cari....namun penjelasannya kurqng bisa dicerna gan ;)

    salam mediablog4you

    ReplyDelete
  2. saya kurang paham masukan alamat selalu salah ..gmna cara.nya tolong di bantu ya

    ReplyDelete
  3. Sy ada saldo tokopedia, tp kenapa saldo Tokopedia nya tidak bisa diambil atau di belanjakan

    ReplyDelete