Friday, August 19, 2016

Membuat atau Menambah Produk Di Tokopedia.com Agar Lebih Mudah Di Temukan

Cara Membuat atau Menambah Produk Di Tokopedia.com




Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya membuat atau menambah produk atau barang jualan di Tokopedia.com. sebelumnya saya mau mengingatkan agar berdoa terlebih dahulu, semoga apa-apa yang kita niatkan dapat tercapai dan tidak ada kendala apapun. Aamiinn J  Tanpa panjang lebar langsung saja kita masuk kepermasalah utama kita. Lets Go…


Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah dengan masuk keaplikasinya terlebih dahulu. Apabila kita sudah masuk kedalam aplikasinya selanjutnya kita  klik Menu lalu klik Penjualan kemudian klik Daftar Produk. Setelah diklik maka akan muncul pengaturan produk, lalu kita klik tanda plus (+), lalu kita pilih gambar mau dari Instagram, Gallery atau Kamera langsung. Nah, kalau sudah selesai memilih lalu kita masuk dengan mengisi bagian-bagian dalam menu pengaturan produk.

Yang pertama kita isi Nama Produk/Judul. Saya sarankan agar nama produk menggunakan kata kunci yang lengkap dan familiar dipencarian agar barang yang kita jual dapat muncul pas pembeli/buyer mencari produk di mesin pencari Tokopedia.com. saya contohkan, misalnya kita menjual mainan power rangers maka judulnya bisa seperti: “Power Rangers Turbo Falcon Megazord Original Bandai Japan”. Maka apabila pembeli mencari dengan kata power ranger, power rangers megazord atau menggunakan kata kunci pada judul yang kita buat, barang kita juga berpeluang besar tampil dilayar pencarian walau tidak diurutan pertama.


Selanjutnya kita masukan kategori, silahkan pilih kategorinya sesuai dengan barang yang kita jual. Kalau sudah lalu kita masukan deskripsi barangnya. Disarankan agar deskripsi bisa membuat calon pembeli/buyer bisa tertarik membeli produk kita. Gunakanlah kata-kata yang menarik minat pembeli/buyer. Lalu kita masukan harga bisa dalam bentuk mata uang dollar ataupun Rupian, lalu masukan berat barangnya. Ada dua opsional yaitu Gram (Gr) Kilogram (Kg) per1000Gr=1Kg. Untuk beratnya jangan asal masukan, karena akan menentukan ongkos kirim pada saat pemesanan. Jangan sampai pembeli/buyer kecewa karena ongkos kirimnya tidak sesuai. Kalau saya sarankan lebih baik nombok walau cuma seribu/duaribu rupiah daripada pembeli kecewa dan membuat reputasi toko kita menjadi kurang bagus. Tetapi jangan pula sampai membuat kantong anda bolong hanya untuk menombok barang yang dikirim karena kesalah pada berat barang.
Kalau sudah menentukan beratnya lalu kita masukan minimal order. Apabila mau dijual grosiran juga bisa, silahkan klik Harga Grosir lalu klik Tambah harga grosir, kemudian masukan jumlah minimal order – jumlah max order dan harga barangnya. Saya beri contoh: misalnya harga satuannya Rp249.000 maka harga grosirnya bisa seperti 3 barang – 5 barang Rp199.000. Apabila sudah selesai membuat harga lalu kita klik status, pilih stock tersedia, kemudian klik tambah etalase, pilih etalase sesuai barang yang dijual, apabila tidak ada maka kita klik tambah etalase lalu buat nama etalasenya. Kalau sudah selesai plih terima pengembalian barang lalu masukan syaratnya sesuai peraturan toko anda. Kalau tidak menerima pengembalian barang maka jangan dipilih. Lalu masukan kondisi barang yang kita jual, apakah baru atau bekas. Lalu masukan asuransi. Ini asuransi jasa pengiriman apabila tidak perlu maka tidak usah diisi. Lalu kita klik ceklis di Bagikan lalu kita simpan. Maka proses pembuatan/penambahan produk pun sudah selesai.

Contoh Gambar:



Demikianlah yang dapat saya uraikan dalam artikel kali ini. Semoga ilmu yang saya berikan dapat bermanfaat bagi yang membacanya khususnya untuk yang mau berbisnis online di Tokopedia.com. Apabila ada kesalahan dalam penulisan suatu kata atau kalimat mohon dimaafkan karena saya juga manusia buka robot pengetik. Hihihi.. mau lebih jelasnya silahkan mampir ditoko saya diTokopedia.com link: http://www.tokopedia.com/tokonyaoriginal

Kalian mau meng copy-paste artikel saya hanya untuk menambah viewer? Berpikirlah terlebih dahulu, gunakanlah kreatifitas dalam menulis agar menambah ilmu kalian buakannya membawa boomerang kediri kalian sendiri.

Terimakasih dan selamat mencoba. Wassalamualaikum Wr.Wb

1 comment:

  1. Hp saya baru aja boothloop, tampilan daftar produk.di tokopedia saya hanya ada 2 pilihan yaitu gallery dan kamera, tanpa ada piluhan instagram, bagaimana cara agar bisa terhubung denga instagram?

    ReplyDelete