Wednesday, August 31, 2016

Yang Wajib Diingat Dan Dipertimbangkan Dalam Berbisnis

Tips Yang Wajib Diingat Dan Dipertimbangkan Dalam Berjualan

Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini kita akan belajar apa saja yang wajib selalu kita ingat dan menjadi pertimbangan dalam melakukan suatu usaha atau binis. Okeh, tanpa panjang lebar lagi mari langsung saja kita membahasnya. Lets Go..


Hasil gambar untuk bisnis

Walaupun posisi saya bisa dikatakan lebih banyak berperan sebagai pembeli aktif, tapi menurut saya tak ada salahnya mencoba berbagi pendapat dan info pada pembaca (dominan pelapak) yang lainnya. Sebenarnya ada beberapa yang harus ditekuni bagi para pelapak yang sedang membangun usaha, khususnya bagi yang baru merintis. Tetapi disini saya sudah merangkumnya menjali lebih ringkas dari beberapa sumber agar kita mudah memahaminya. Diantaranya:

Baca Juga Artikel Terkait:
1. Tips Memperoleh Modal Awal Usaha
2. Cara Sukses Menjadi Pebisnis Online
3. 5 Tips Mudah Jualan Di Internet

1. Modal
Dalam berjualan tentu selain ada minat, penting dipertimbangkan yang namanya modal. Walaupun modal tidak harus besar tapi yang harus diperhatikan bagi para pedagang ialah mengatur pembagian modal. Tujuannya ialah bagaimana membuat usaha dagang yang dijalani tetap bisa langgeng. Walaupun modal tidak harus uang tabungan milik sendiri melainkan bisa lewat alternatif pengajuan pinjaman, tentu tetap harus bisa dikontrol nih uang yang dipegang harus dilarikan kemana aja.

Tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu:
Pertama, uang dagang. Uang dagang ialah uang yang bisa dicairkan dan diputar sesuai kebutuhan usaha dagang.

Kedua, uang cadangan. Pada tempat ini uang bisa digunakan sewaktu-waktu sebagai penutup kekurangan yang mungkin melanda ditengah-tengah usaha dagang yang sedang dijalani. Tapi, yang perlu diingat jangan pernah tidak mengembalikan lagi uang cadangan yang pernah digunakan sebagai penutup uang dagang sesuai dengan jumlah yang diambil sebelumnya. Konsekuensinya jika dilupakan maka ketika sedang rugi uang yang ada di keuangan juga akan bermasalah.

Ketiga, uang beku. Pada tempat ini uang tidak dan jangan pernah diotak-atik untuk dicampur dengan uang dagang! Pada tempat inilah kita bisa menghitung taraf perkembangan usaha dagang yang sedang dijalani.

2. Laba-Rugi
Kan banyak tuh, karena terlalu berantusias dengan adanya info tentang wirausaha dan banyaknya peluang yang dalam taraf ukuran di Negara kita masih sangat minim, banyak orang yang bermodal nekat tanpa menghitung perkiraannya. Berdagang dan menghasilkan untung (laba) tentu jadi idaman tiap-tiap orang. Namun, jika diawal usaha pikiran dikonsentrasikan pada hasil laba yang tinggi tanpa dibarengi upaya maksimal ? Tau sendirikan apa yang akan diperkirakan terjadi selanjutnya ? yap!!! Gigit jari dan bisa jadi gulung tikar! Gak mau kan gulung tikar secepat itu.. oleh karena itu jangan Cuma mikirkan laba aja tapi diperkirakan peluang ruginya juga.

3. Harga
Makin ngeruncing nih bahasannya, kalau bicara masalah harga barang biar jualannya tetep lancar gak bolong-bolong pemasukannya. Hal yang perlu dikreatifkan bagi para pelapak ialah “jangan Cuma ngintip harga dagangan para pelapak di kanan kiri aja. Tapi, intipin juga harga dagangan di lapak toko online yang lain, kan sekarang layanan jasa ngumpulin para pelapak online gak cuman ada satu aja tuh.”

“Trus, yang terpenting buat ningkatin hasil penjualan harus diintip juga tuh harga-harga barang di penjualan offline. Kan seringnya pembeli barang lewat online juga harus bayar ongkir, kalau dihitung-hitung ternyata harganya masih murah di pasaran offline, kalah saing dong! Siasatinnya ya netapin harga barang juga dipertimbangin ongkos-ongkos bayar jasanya.”

4.  Barang Dagangan
Masalah barang dagangan kayak kualitas, kapasitas tentu sudah tau step by stepnya kan yaw!! Ada lagi nih yang harus diperhatikan! kalau masalah barang yang lagi tren tentu jadi halaman utama di pencarian, dan tentu pada banyak pelapak yag sama-sama jualan barang sejenisnya. Tapi, biar tetap ada penjualan harus jadi pelapak yang kreatif tuh. Walaupun barang dagangan sama tapi berilah tampilan yang berbeda, kan banyak tuh beda pelapak tapi unggahan foto barang dagangan hampir disamakan semuanya.

Trus, biar tetap ada pemasukan jangan hanya berdagang sesuatu yang sedang tren saja tapi usahakan ada diskon maupun obralan bagi barang-barang yang kemungkinan dibutuhkannya masih ada, ya walaupun penjualannya tidak laris manis tapi yang penting usaha dagang tetap bisa berputar.

Baca Juga Artikel Islami:
Takabbur Atau Sombong

Sekian yang dapat saya tuliskan dalam artikel kali ini tentang apa saja yang harus selalu diingat dan dijadikan sebagai pertimbangan dalam melakukan usaha atau bisnis. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang sedang melakukan usaha atau bisnis baik dioffline maupun dinonline. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia. Follow=Follback. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment