Tuesday, August 23, 2016

Packing Barang Untuk Pengiriman Cara Aman dan Mudah

Cara Aman dan Mudah Mengemas Barang Untuk Pengiriman

Hello Sahabat Blogger, Pernah mengirim barang namun berantakan sampai di tangan pembeli?
Oke, Sebelum membicarakan hal ini marikita membaca doa terlebih dahulu agar apa yang kita niatkan dapat terwujud dan tidak ada kendala apapu. Aamiin. Tanpa panjang lebar langsung saja kita masuk kepada permasalahannya. Lets Go…

Proses persiapan pengiriman kadang sering dilupakan dalam mengelola sebuat online shop. Setelah menaikkan reputasi toko online, memasarkan produk di toko online seperti (bukalapak/tokopedia) tanpa lelah dan menghabiskan waktu tenaga, hal terakhir yang diinginkan adalah paket tiba dengan aman dan selamat di tangan pembeli.

Kita harus mengumpulkan bahan-bahan seperti kardus, lakban, bubble wrap, dan foam. Lalu proses membungkus dan mengantarkan ke agen pengiriman, semuanya membutuhkan usaha tersendiri. Kita wajib menyediakan waktu dan tenaga ekstra untuk memastikan paket tidak mudah rusak dan sampai di tujuan dengan kondisi yang baik.

Hal tersebut merupakan yang utama. Mengapa ? Paket yang dikirim jumlahnya ribuan, sementara agen harus dapat memproses dan memindahkan ribuan paket tersebut secepat-cepatnya agar paket tiba dalam waktu yang ditargetkan. Adalah menjadi tanggung jawab pengirim untuk memastikan paket sudah dikemas dengan aman dan baik.

Lalu bagaimana membuat packaging yang aman dan kuat?



1.) Memakai Double Wall Cardboard

Dalam dunia ekspedisi, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan paket anda. Beribu-ribu paket yang ada saat proses pengiriman sangat memungkinkan untuk paket tertindih atau terbanting saat proses pengiriman. Karena itu gunakan dus yang kuat untuk meminimalisir kerusakan saat pengiriman. Double wall Cardboard tentunya lebih kuat daripada single wall cardboard.


2.) Menggunakan H-Taping Method

Sebelum kita menaruh barang ke dalam kardus, kita harus merekatkan bagian bawah kardus terlebih dahulu. Rekatkan bagian-bagian sambungan kardus dengan tape hingga membentuk huruf H. Setelah itu balikkan kardus dan masukkan barang, kemudian rekatkan bagian atas kardus dengan cara yang sama.


3.) Jenis Tape

Setiap dus akan direkatkan dengan tape, gunakan jenis tape yang tepat agar paket tidak gampang terbuka saat pengiriman. Pakailah tape yang digunakan khusus untuk packing. Hindari penggunaan masking tape atau tali untuk packing karena mudah terbuka dan dapat tersangkut saat proses pengiriman.


4.) Memasukkan Dus ke dalam Dus

Terkadang satu dus saja tidak cukup untuk barang pecah belah atau fragile. Menggunakan cara memasukan dus ke dus lainnya memberikan perlindungan dobel. Gunakan busa sebagai pengisi ruang kosong antara dus untuk mencegah dus di dalam bergeser.


5.) Perlindungan Ekstra dengan Bubble Wrap, Styrofoam atau Kayu

Jika mengirimkan produk-produk berupa baju, tas ataupun celana mungkin. kita tidak perlu khawatir karena produk tersebut tak akan rusak apabila tertindih atau terbanting. Namun, jika mengirimkan produk-produk pecah belah ataupun elektronik seperti gelas dan handphone maka perlindungan ekstra sangat dibutuhkan.





Itulah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melakukan packing barang agar barang yang dipesan pembeli aman dalam pihak pengiriman. Sekian yang dapat saya informasikan dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang melakukan pengiriman melalui jasa kurir.

Untuk yang tidak sempat berbelanja di mall atau yang mau Dropshipper, saya Menerima Jasa  Personal Shopper atau Jasa Titip Beli. Silahkan hubungi saya.
Whatsapp/Line: 083870266767
Bbm: 5AB6141A
Instagram: @tokonyaoriginal
Cara pemesanan lebih lengkap di website saya: http://tokonyaoriginal.blogspot.com
Terimakasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.


5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Memang benar mas, dalam packaging kita juga harus perhatikan, agar barang tetap aman dalam pengiriman, saya pribadi pun untuk saat ini, sama mengguakan cara yang di atas, Namun apabila barangnya kecil saya cukup menggunakan lakban opp tape saja.

    ReplyDelete
  3. Mohon ijin penggunaan foto nya boleh?

    ReplyDelete
  4. Kalo mau kirim barang berupa wayang yg ada pegangan panjang gitu baiknya apa ya mas

    ReplyDelete
  5. pengiriman barang merupakan hal yang riskan, karna jika barang sampai ditangan customer dengan rusak atau terdapat cacat maka hal tersebut pasti akan mempengaruhi / mencoreng bisnis Anda. Sayapun setuju bagaimana membuat packaging yang aman dan kuat dengan memakai lakban / opp tape, karna harga lakban, sendiri di pasaran selain terjangkau juga daya rekatnya kuat serta itu ketebalannya juga dapat disesuaikan.

    ReplyDelete