Thursday, August 25, 2016

Apa Itu Window Shopper? Cara Menghadapinya

Apa Itu Window Shopper? Dan Bagaimana Cara Menghadapinya?

Hello Sahabat Blogger, Semoga selalu diberikan kesehatan ya. Dalam artikel kali ini saya ingin membahas tentang Window Shopper. Sebelum membahas tentang Window Shopper ada baiknya kita membaaca doa terlebih dahulu agar apa yang kita niatkan dapat tercapai tanpa kendala apapun. Aamiin. Okehh, tanpa panjang lebar mari kita bahas. Lets Go..

Oke baiklah, saya tertarik untuk membelinya, tapi nunggu saya pas sudah gajian ya gan/sis


Apa itu Window Shopper? Adalah salah satu tipe konsumen yang hanya suka melihat-lihat saja. Biasanya tidak ada niat untuk membeli produk yang ada di toko online tersebut. Mungkin tak jarang kita menjumpai tipe pembeli seperti ini. Sudah tanya panjang lebar ujung-ujungnya tetap saja Hit and Run.

Saking kesalnya beberapa seller pun pernah membuat aturan deskripsi dengan nada mengancam pembeli seperti.

No! Retur, No! Tanya-tanya, Cancel BYE, No more Bussines with you

Sebagai pelapak, tentu masing-masing mempunyai trik tersendiri untuk menarik minat konsumen yang bertipe Window Shopper ini. Namun sebagai pemula mungkin tips trik di bawah ini bisa membantu Anda untuk mengurangi jumlah hit and run dari para calon customers.

1. Unik

Pastikan lapak atau tempat jualan kita unik dari yang lainnya, bikin berbeda tapi tetap tidak menjebak customers. Misalnya untuk menarik minat pembeli yang hanya sekedar lihat-lihat saja biasanya tertarik dengan harga yang murah atau sedang ada diskon. Terkadang ada seller yang membuat banner besar dengan promo diskon sekian persen tapi ternyata harganya di mark up terlebih dahulu. Tapi ini sudah jadi rahasia umum sih, namun sebagai buyer yang mempunyai tipe window shopper, mereka tentunya akan membandingkan harga dari lapak satu dengan lapak yang lainnya terlebih dahulu. Jika kebetulan pembeli menemukan lapak yang menjual produk sama tapi harganya lebih murah tanpa diskon, tentunya akan jadi pertimbangan si pembeli untuk hit and run dari penjual yang memberikan diskon tapi harganya sama saja dengan lapak yang tanpa memberikan diskon atau malah justru lebih mahal.

2. Ramah dan fast respon

Mungkin ini sudah cukup umum dan lumrah bagi setiap penjual. Salah satu kemungkinan terbesar untuk menarik pembeli yang hanya tengok-tengok saja adalah dengan menanggapinya secara cepat tanpa harus membuat pembeli terlalu lama menunggu jawaban dari penjual. Produk kita bagus, tapi kita slow respon, siap-siap pembeli akan kabur. Ya, memang kalau rejeki tak akan tertukar, tapi dengan kita menanggapi pembeli secara fast respon itu juga bagian dari ikhtiar.

3. Edukasi pembeli

Kebanyakan pembeli online sebenarnya mereka itu butuh diedukasi. Ketika pembeli banyak tanya tapi menurut mereka belum sreg karena belum menemukan jawaban yang sesuai, maka mereka akan meninggalkan penjual. Edukasi ini bisa banyak macamnya, entah penjelasan tentang produk yang dijual atau tentang sistem pembelian online. Ambil contoh saja di toko online seperti Tokopedia/Bukalapak, sebenarnya masih banyak pembeli yang belum cukup mengerti bagaimana transaksi di Tokopedia/Bukalapak. Sehingga terkadang mereka butuh penjelasan secara langsung dari penjualnya.

Ketiga tips di atas hanya menurut pengalaman saya yang juga termasuk salah satu customer yang suka ngeliat-liat saja . hihihi.

Ternyata dari hanya sekedar tanya-tanya dari satu lapak ke lapak yang lain saya justru menemukan berbagai macam tipe penjual yang beraneka ragam. Ada yang bertipe bodo amat, ada yang bertipe sok ramah, ada yang bertipe sok tahu, ada yang menguasai produk, ramah, dan terus mem-follow up saya kembali untuk segera membeli produknya dengan dikasih penawaran harga khusus.

Tapi berbagai macam usaha si penjual tentunya ini bagian dari feeling good-nya pembeli juga sih, kalau lagi bad mood dan dompet lagi kosong ya gak bakalan jadi beli juga. hihihi..

Sekian yang dapat saya informasikan dalam artikel kali ini mengenai Window Shopper. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang melakukan penjualan barang di media sosial atau di toko online.

Untuk yang tidak sempat berbelanja di mall atau yang mau Dropshipper, saya Menerima Jasa  Personal Shopper atau Jasa Titip Beli. Silahkan hubungi saya.
Whatsapp/Line: 083870266767
Bbm: 5AB6141A
Instagram: @tokonyaoriginal
Cara pemesanan lebih lengkap di website saya: http://tokonyaoriginal.blogspot.com
Terimakasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.


0 comments:

Post a Comment