Tuesday, August 30, 2016

Tips Penting Memebeli Komputer Bekas

Tips Membeli Komputer Bekas

Hello Sahabat Blogger, dalam artikel kali ini kita akan belajar bagaimana tips yang aman untuk membeli computer bekas. Meski pada kenyataannya sekarang sudah serba mobile. Banyak yang menggunakan laptop, notebook atau bahkan perangkat tablet yang lebih kecil sekalipun, namun meski demikian tidak dipungkiri bahwa komputer atau PC masih akan tetap bertahan dan mungkin tidak akan tergeser seiring dengan perkembangan teknologi tersebut. Saya sebenernya setuju sesuatu yang baru itu jauh lebih bagus dan aman. Tapi tidak ada salahnya kan buat beli barang yang bekas, siapa tahu bisa menggunakan yang dana yang tersisa untuk keperluan lainnya.

Hasil gambar untuk komputer bekas


Okeh, tanpa panjang lebar lagi mari langsung saja kita membahas bagimana tips kalau mau membeli komputer bekas, sebenarnya banyak sekali cara yang harus kita lakukan sebelum membeli computer bekas, tetapi disini saya sudah merangkumnya menjadi bagian-bagian penting yang lebih singkat dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk membeli computer bekas, diantaranya:

Baca Juga Artikel:
1. Istilah-istilah Penting Di Internet
2. Tips Bekerja Dengan Orang Yang Lebih Pintar
3. Menjaga Kesehatan Mata Agar Jualan Online Tetap Lancar

1. Monitor
Monitor adalah perangkat keras komputer untuk menampilkan gambar/video. Sebelum anda memutuskan membeli komputer bekas, pastikan dulu monitornya masih bagus atau sudah bermasalah. Caranya nyalakan monitor, coba setting pada bagian Brightness beri nilai 0%, dan setting juga pada bagian Contrast beri nilai 100%. Hasilnya, jika tampilan monitor hitam gelap maka monitor masih bagus, tapi jika monitor agak kebiru-biruan atau warna selain hitam gelap berarti monitor bermasalah. Dan anda harus perhatikan, ketika monitor dinyalakan maka gambar layarnya harus tidak goyang. Kalau monitor waktu dinyalakan lalu gambar layarnya goyang, maka monitor tersebut juga sudah bermasalah.

2. Motherboard
Motherboard adalah komponen induk komputer tempat memasang prosessor, memori, harddisk, dan komponen lainnya. Saya sarankan juga sebelum anda membeli komputer bekas, cek juga motherboard-nya. Memang dalam mengecek motherboard ini, sepertinya anda harus didampingi sama yang ahli dalam bidang komputer :( Yang penting motherboard harus mempunyai slot yang lengkap untuk keperluan upgrade nantinya.

3. Prosessor
Prosessor merupakan otak dari semua proses yang ada di komputer. Semakin tinggi nilai kecepatan prosessor, semakin tinggi juga kinerja komputer dalam melakukan proses. Maka untuk itu sebelum anda membeli komputer bekas, mengecek prosessor merupakan hal yang penting agar anda tidak menyesal nantinya. Cek prosessor, apakah kecepatan atau frekuensinya sesuai dengan kebutuhan anda atau tidak?

4. Harddisk
Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan semua data file di dalam komputer. Harddisk mempunyai daya tampung, semakin besar kapasitas harddisk, maka semakin besar juga data yang dapat ditampung oleh harddisk. Sebelum melakukan transaksi cek juga harddisk-nya. Dengarkan putaran piringan harddisk, jika terdengar suara berisik, maka harddisk sudah tidak normal. Tapi untuk cek harddisk apakah ada bad sector-nya atau tidak, anda harus menjalankan program dengan menyalakan komputer. Periksa setiap partisi harddisk dengan cara klik kanan pada partisi harddisk pilih Properties. Lalu klik menu Tool dan klik Check Now, Centang semua pilihan klik Start. Selanjutnya komputer akan melakukan pengecekan pada saat booting komputer, klik Yes, Restart komputer. Lihat hasilnya, jika yang tertulis Bad Sector = 0 berarti kondisi harddisk masih bagus.

5. RAM/Memory
RAM (Random Access Memory) atau biasa disebut Memory, memiliki fungsi membantu proses transfer data pada CPU, semakin besar kapasitas RAM yang dipakai, semakin cepat proses yang terjadi pada komputer. Untuk cek juga Memory komputer yang bekas yang hendak anda beli, apakah kapasitasnya sudah sesuai dengan keinginan anda atau belum?

6. Power Supply
Unit komponen vital yang sering diabaikan oleh pengguna PC kebanyakan. yang keberadaannya cukup penting, tapi suka dipandang sebelah mata, padahal sering jadi sumber masalah rusaknya berbagai peripheral lainnya, seperti HDD, VGA, dll. hehe. Jadi sebaiknya membeli PC juga perlu mempertimbangkan penggunaan PSU yang bisa diandalkan. biar PC nggak sering sakit.

Catatan: Jangan malu dan perbanyaklah bertanya tentang keadaan yang sebenarnya pada sebuah computer tersebut apa saja minus atau kekurangannya. Kalian adalah raja karena kalian pembeli, budayakan bertanya sebelum membeli. Hihihi..

Baca Juga Artikel Islami:
Sakit Yang Mendapatkan Pahala

Sekian yang dapat saya tuliskan dalam artikel kali ini tentang bagaimana tips aman untuk membeli sebuah computer bekas pakai. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang sedang ingin membeli computer bekas atau seken. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia. Follow=Follback. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment