Friday, August 26, 2016

Strategi Pemasaran Di Era Digital

Strategi Pemasaran di Era Digital

Hello Sahabat Blogger, Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana strategi pemasaran di era digital. Okeh, tanpa panjang lebar langsung saja kita membahasnya. Lets Go..

Hasil gambar untuk era digital adalah

Saat ini kita berada di dunia digital. Tanpa kita sadari, pergeseran menuju dunia digital telah mempengaruhi segala aspek kehidupan kita. Mulai dari membaca berita, mencari lokasi di peta, bahkan menonton televisi pun via gadget. Kita pun akhirnya tidak bisa lepas dari gadget. Kemana saja kita pergi, gadget selalu dibawa kemana-mana.

Dengan munculnya teknologi yang begitu pesat ini, memaksa kita mau tidak mau harus mengikuti perkembangan yang ada. Jika kita tidak mengikuti perkembangan, tentu akan tertinggal jauh di belakang. Sebagai contoh, 12 tahun lalu kita masih bisa merasakan telepon umum, namun lambat laun menghilang seiring dengan hadirnya ponsel/handphone. Telpon umum semakin sulit dijumpai dan fasilitas ini tidak lagi memadai, pada akhirnya memaksa kita untuk membeli HP untuk dibawa kemana-mana.

Tanpa menjelaskan lebih jauh tentang era digital mari kita bahas bagimana strategi pemasaran di era digital. Sebenarnya banyak sekali caranya. Disini akan saya ringkas menjadi beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan pemasaran di era digital. Diantaranya adalah:

Baca Juga Artikel:


1.      Manfaatkan Content Marketing Seperti kita ketahui bersama, konten artikel, video, maupun aplikasi yang ditambahkan di toko online menjadi salah satu alat pemasaran yang bisa digunakan untuk mendongkrak kunjungan pelanggan. Bahkan, tambahan konten memudahkan sebuah situs online untuk bisa ke-index oleh mesin pencarian seperti Google. Sehingga tidak heran bila sekarang ini banyak pelaku bisnis toko online yang sengaja menambahkan konten di situs onlinenya untuk meningkatkan traffic kunjungan konsumen setiap harinya.

2.    Mencoba Integrated digital marketing Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, tak ada salahnya bila Anda mencoba menggabungkan sosial media dan konten. Contohnya saja seperti yang dilakukan Google dengan mencoba menciptakan Google Plus sebagai salah satu situs social media bagi para konsumennya. Dengan strategi ini, Google mencoba memberikan pelayanan prima bagi konsumennya agar mereka lebih loyal dengan situs pencarian tersebut.

3.  Menyusun strategi pemasaran yang berkelanjutan Selain dituntut untuk bisa lebih kreatif, yang terpenting dalam memasarkan bisnis online adalah menjaga konsistensi pelaku usaha untuk mempromosikan lapak onlinenya. Untuk itu, usahakan untuk melakukan aktivitas promosi secara rutin agar profesionalisme bisnis Anda bisa terlihat oleh calon konsumen.

4.    Beralihlah ke Mobile Marketing pemasaran onlineMeningkatnya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya, mendorong para pelaku bisnis toko online untuk mulai menyesuaikan strategi pemasaran yang mereka jalankan. Tak hanya menjangkau konsumen pengguna komputer PC, sekarang ini mereka mulai mengubah tampilan websitenya menjadi mobile friendly sehingga lebih banyak konsumen yang mengunjungi toko onlinenya. Strategi mobile marketing ini perlu Anda perhatikan dengan baik, karena menurut beberapa penelitian, sekarang ini 30-40% transaksi jual beli online datang dari pengguna smartphone.

5.      Lakukan pendekatan kepada calon konsumen Di era digital seperti sekarang ini, tidak ada salahnya bila Anda melakukan berbagai macam pendekatan untuk menarik calon konsumen. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan media televisi, menjadi sponsor acara-acara penting, atau bisa juga memanfaatkan email marketing, dan website direktori online agar bisnis Anda diketahui banyak orang. Contohnya saja seperti tokobagus.com dan berniaga.com yang sekarang ini mulai melakukan pendekatan dengan memasang iklan di media televisi.

6.  Perkuat dengan visual marketing Dari sekian banyak strategi pemasaran online, media visual merupakan salah satu sarana yang cukup efektif untuk meyakinkan calon konsumen. Untuk menjalankan strategi pemasaran visual, sekarang ini Anda bisa memanfaatkan Youtube, Vine, Instagram, Pinterest, ataupun Slideshare.

Itulah beberapa cara atau srtategi pemasaran di era digital, sekian pembahasan kita kali ini tentang strategi pemasaran di era digital. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang sedang berjualan online di dunia maya. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia bukan robot ketik. Hihihi.. Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment