Wednesday, August 31, 2016

Menigkatkan Repeat Order

Strategi Jitu Untuk Menigkatkan Repeat Order

Hello Sahabat Blogger, Dalam artikel kali ini kita akan belajar bagaimana caranya agar bisa menigkatkan repeat order di jualan online atau offline kita. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa konsumen mau melakukan pembelian pada satu penjual yang sama. Diantaranya mungkin karena harga bisa jadi lebih murah dibandingkan dengan toko atau penjual lainnya, atau mungkin karena konsumen dengan penjual sudah mempunyai hubungan kedekatan tersendiri sebelumnya, misalnya ada hubungan pertemanan ataupun saudara. Namun diluar itu juga Anda sebagai penjual yang sebelumnya belum mengenal konsumen begitu juga sebaliknya bisa melakukan hal yang serupa dimana konsumen mau melakukan pembelian di tempat Anda kembali.


Hasil gambar untuk repeat order

Tanpa panjang lebar lagi mari langsung saja kita membahas bagaimana caranya untuk meningkatkan Repeat Order. Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan, tetapi disini saya sudah merangkumnya menjadi lebih singkat dan mudah dipahami dan dilakukan dalam kehidupan didunia bisnis. Diantarnya:

Baca Juga Artikel Terkait:
1. Instagram Untuk Memaksimalkan Penjualan
2. Tips Agar Menjadi Top Seller Di Bisnis Online
3. Tips Promosi Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Omset


1. Beri Pelayanan  Terbaik Untuk Pertama Kalinya
Langkah awal agar nantinya konsumen bisa terus kembali pada Anda dan melakukan pembelian lagi. Yang harus Anda lakukan adalah membuat konsumen tersebut seolah-olah merupakan konsumen lama Anda. Buat mereka menjadi nyaman untuk pertama kalinya membeli produk Anda tersebut. Karena kesan dari konsumen yang pertama kalinya datang pada Anda adalah yang menentukan konsumen tersebut akan kembali lagi untuk membeli atau tidak akan kembali sama sekali. Ketika mereka nyaman untuk belanja di tempat Anda maka suatu hari pasti mereka akan kembali lagi. Dan begitu pula sebaliknya, jika diawal saja kesannya sudah tidak baik, maka jangan harap selanjutnya bisa menjadi pelanggan yang loyal bagi Anda.

2. Berikan Penawaran Menarik
Oke mungkin Anda bukanlah tipe seseorang yang bisa membuat orang baru bisa merasa langsung dekat dengan Anda. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan, untuk membuat konsumen menjadi terkesan dan ingin kembali pada Anda nantinya. Salah satu trik dengan memberikan sebuah penawaran misalnya, Anda akan memberikan potongan harga sampai dengan 90% atau bahkan gratis, bagi pembeli yang baru pertama kali belanja di tempat Anda.

Mungkin ini akan terlihat sangat tidak menguntungkan bagi Anda sebagai penjual. Akan tetapi jika Anda nantinya bisa terus membuat konsumen yang datang pertama kalinya bisa terus kembali untuk membeli barang di tempat Anda, kenapa tidak? Tentu sebelumnya pemberian penawaran ini sudah Anda perhitungkan, agar nantinya tidak membuat perusahaan Anda merugi. Selain bisa membuat konsumen kembali pada Anda nantinya. Anda juga bisa mendapatkan promosi viral gratis yang dilakukan oleh pembeli pertama Anda tersebut. Karena mereka sebagai konsumen baru, bisa mendapatkan pengalaman belanja yang tak terlupakan, maka secara otomatis mereka akan bercerita kepada teman-temannya. Dan hasilnya kemungkinan besar teman-temannya juga akan ikut datang untuk membeli produk Anda dengan tawaran yang sama seperti konsumen Anda sebelumnya.

3. Buat Media Untuk Berkomunikasi
Konsumen akan merasa aman dan yakin bahwa produk yang dibeli adalah produk pilihan ketika Anda sebagai penjual memberikan pelayanan lebih. Misalnya, dengan membuat sebuah group diskusi untuk konsumen. Ataupun memberikan kemudahan akses bagi konsumen agar lebih mudah untuk menghubungi Anda. Saat ini juga sudah banyak sekali media-media komunikasi yang bisa digunakan, misalnya membuat group chat, group di media sosial, atau bisa juga membuat milis dan forum.

4. Mempertahankan Konsumen
Ada yang mengatakan untuk mendapatkan konsumen baru itu lebih mudah daripada mempertahankannya. Pendapat itu belum tentu 100% benar jika Anda tahu apa yang harus dilakukan. Sebagai contoh mungkin ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mempertahankan konsumen yang sudah Anda miliki sebelumnya.

Dengan cara-cara selalu memberikan penawaran promo-promo terbaik bagi konsumen lama Anda. Memang cara seperti ini bisa dikatakan adalah cara lama, namun sampai sejauh ini cara tersebut masih cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan. Selain daripada itu mungkin Anda juga bisa melakukan pendekatan yang lebih intensif bagi konsumen Anda dengan memberikan sebuah gift card pada momen-momen tertentu. Hal ini bertujuan untuk membangun kedekatan antara Anda sebagai penjual dengan konsumen. Karena dengan melakukan hal-hal yang bisa dibilang sederhana dan kecil seperti ini, konsumen akan merasa diperhatikan secara lebih.

Baca Juga Artikel Islami:
Saiyidina Ali Dan Peminta Sedekah

Sekian yang dapat saya tuliskan dalam artikel kali ini tentang bagaimana caranya agar meningkatkan repeat order dalam suatu usaha atau bisnis. Semoga artikel kali ini dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya khususnya bagi yang sedang melakukan usaha atau bisnis. Apabila ada masukan atau tambahan silahkan tuliskan dikolam komentar. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam pengetikan dalam suatu kata atau kalimat karena saya juga manusia. Follow=Follback. Terimakasih.

2 comments: